Minggu, 03 April 2011

siapa yang berpartisipasi dan mengapa


SIAPA YANG BERPARTISIPASI DAN MENGAPA
Kenapa setiap orang menghindari semua bentuk partisipasi politik atau berpartisipasi pada tingkat rendah mereka digambarkan sebagai: apatis, sinis, alienasi (terasing) dan anomi (terpisah)
Apatis (masa bodoh)
            Tidah punya mionat atau tidak punya perhatian terhadap orang lain situasi atau gejala-gejala pada umumnya atau pada khususnya.

Cirri-ciri apatis
Ketidak mampuan untuk mengakui tanggung Jawab pribadi atau untuk menyelidiki atau untuk menerima emosi dan perasaan sendiri, perasaan samar-samar yang tidak dapat dipahamirasa susah tidak aman dan yangh tidak mdapat dipahami, rasa susah dan tidak aman dan merasa terancam.

Sinisme (Robert Agger)
Kecurigaan yang buruk dari sipat manusia dan dengan bantuan suatu alat skala sikap yang dibuat untuk mengukur derajat terhadap mana para responden mereka bersikap sinis baik secara pribadi maupun secara politis.

Alienasi (Robert Lane)
Perasaan keterasingan seseorang dari politik dan pemerintahan Masyarakat dan kecenderungan berfikir mengenai pemerintahan dan politik bangsa yang dilakukan oleh orang lain untuk orang – orang lain, mengikutu sekumpulan aturan-aturan yang tidak adil.

Anomi (Durkheim) oleh Lane  
Sebagai perasaan nilai dan ketiadaan arah dalam mana individu mengalami perasaan ketidakefektifan dan bahwa para penguasa bersikap tidak peduli yang mengakibatkan devaluasi DPRD tujuan-tujuan dan hilangnya urgensi untuk bertindak.

Milgart, mensugestikan bahwa partisipasi politik itu berpayasi berkaitan dengan 4 faktor utama:  
  1. sejauh mana orang menerima perangsang politik
  2. karakteristik pribadi seseorang
  3. karakteristik social seseorang
  4. keadaan politik atau lingkungan politik dimana seseorang dapat menemukan dirinya sendiri

Semakin peka atau terbuka seseorang terhadap perangsang politik lewat kontak pribadi dan organisasi toris dan lewat media massa, makin besar kemungkinannyan dia turut serta dalam kegiatan politik.

Keterbukaan atau kepekaan ini kiranya berbeda dari sayu orang dengan lainnya dan ini MRPK bagian dari proses sosialisasi politik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar